Profil Pusat Litbang Sumber Daya Air

Pusat Litbang Sumber Daya Air adalah salah satu unit kerja Eselon II di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat, yang dibentuk dengan dasar hukum Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 03/PRT/M/2019 tanggal 7 Februari 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan  Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 05/PRT/M/2019 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 20/PRT/M/2016 Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Tugas

Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang Sumber Daya Air.

Fungsi

  1. penyusunan kebijakan teknis, program, dan anggaran penelitian dan pengembangan di bidang sumber

    daya air;

  2. pelaksanaan penelitian dan pengembangan, pelayanan uji laboratorium dan lapangan, sertifikasi, inspeksi, kalibrasi, dan advis teknis di bidang Sumber Daya Air; 

  3. pemantauan, evaluasi dan pelaporan hasil penelitian dan pengembangan di bidang Sumber Daya Air; 

  4. pelaksanaan urusan peningkatan kapasitas sumber daya manusia penelitian dan pengembangan di bidang Sumber Daya Air; 

  5. pelaksanaan pengelolaan sarana kelitbangan; 

  6. pelaksanaan urusan keuangan, ketatausahaan, dan umum; 

  7. penyiapan penyusunan standar dan pedoman; dan 

  8. pelaksanaan diseminasi dan kerja sama penelitian dan pengembangan di bidang Sumber Daya Air.

Visi Layanan Teknik

Mewujudkan Layanan Teknik Puslitbang Sumber Daya Air yang berdaya saing, melalui pelayanan prima dengan didukung SDM yang prosesional untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan peningkatan berkelanjutan.

Misi Layanan Teknik

  1. Melaksanakan layanan secara cepat, akurat, dan profesional sesuai standar pedoman dan manual, serta peraturan yang berlaku;

  2. Mendukung penyelenggaraan penelitian dan pengembangan bidang sumber daya air; 

  3. Meningkatkan kualitas SDM dan sarana prasarana untuk mendukung pelayanan prima;

  4. Meningkatkan mutu layanan melalui penerapan Integrasi Sistem Manajemen Mutu untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan peningkatan berkelanjutan.

Tujuan Layanan Teknik

Memberikan Layanan Teknik yang optimal dan terpercaya sesuai peraturan yang berlaku, untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan peningkatan berkelanjutan.

Janji Pelayanan

  1. Melayani dengan Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan Sigap;

  2. Memberikan informasi layanan secara tepat, transparan, tuntas, terakses secara manual dan online; 

  3. Menyajikan data yang akurat, valid dan aktual sesuai standar pedoman dan manual serta peraturan yang berlaku;

  4. Mengakomodir dan menanggapi saran, serta keluhan dari pelanggan sesuai prosedur yang berlaku;

  5. Menciptakan suasana Pelayanan Prima dan sepenuh hati.

Maklumat Layanan

  1. Memberikan layanan teknik secara Efektif dan Efisien;

  2. Memastikan layanan teknik yang diberikan secara transparan, akurat, obyektif, tidak memihak dan tidak diskriminatif, sesuai standar pedoman dan manual, serta peraturan perundangan yang berlaku; 

  3. Mengutamakan kejujuran, terbuka kepada pelanggan tentang metodologi, prosedur, tata cara pemeriksaan dan kajian teknis yang dilakukan;

  4. Berkomunikasi secara lisan maupun tertulis dengan semua pihak secara Sopan, Jelas dan Tegas dengan tetap menjunjung tinggi Kejujuran dan Kebenaran berdasarkan fakta dan berdasarkan peraturan yang berlaku;

  5. Bekerja dengan Teliti dan senantiasa berpedoman pada standar pedoman dan manual, serta peraturan yang berlaku;

  6. Mendokumentasikan seluruh kegiatan pelayanan secara akurat dan jelas serta dapat dimengerti oleh semua pihak yang berkepentingan; 

  7. Memelihara Kompetensi SDM Pengelola dan melakukan peningkatan layanan secara berkelanjutan; 

  8. Merahasiakan seluruh data dan informasi dari pelanggan serta tidak memberikan kepada pihak lain, kecuali hukum mensyaratkan lain.

Ketidakberpihakan

Pusat Litbang Sumber Daya Air adalah unit kerja dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dioperasikan secara objektif dan tidak memihak. Pusat Litbang Sumber Daya Air menyediakan layanan teknis dengan azas non-diskriminatif, melalui cara sebagai berikut :

  1. Menyediakan akses yang sama bagi semua pelanggan yang mengajukan order layanan teknis;

  2. Menetapkan struktur biaya layanan yang sama untuk semua pelanggan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku;

  3. Tidak memberikan hak istimewa kepada satu atau sekelompok pelanggan.

Pusat Litbang Sumber Daya Air memastikan bahwa semua personil (termasuk personel kontrak) bertindak secara objektif dan bebas dari tekanan komersial dan keuangan serta tekanan lainnya, yang mungkin dapat mempengaruhi hasil akreditasi. Semua personil menandatangani Pernyataan bersama Kode Etik Personil.  

Kebijakan Mutu

“Pimpinan dan pelaksana Pusat Litbang Sumber Daya Air berkomitmen untuk menghasilkan produk litbang yang inovatif dan kompetitif serta layanan teknis yang prima, kompeten, tidak memihak, dan konsisten melalui penerapan dan peningkatan Sistem Manajemen Mutu yang terintegrasi dan berkelanjutan berdasarkan peraturan perundangan dan persyaratan lainnya untuk memenuhi kepuasan pelanggan.”


Bandung, 5 Februari 2018

Kepala Puslitbang Sumber Daya Air

 

Dr. Ir. Eko Winar Irianto, MT

NIP. 196605021994021001